Pertanyaan :
1. Apa
yang dimaksud dengan multimedia ?
2. Konsep
dasar multimedia ?
3. Pemanfaatan
multimedia ?
4. Multimedia
dalam pendidikan ?
5. Multimedia
untuk aplikasi umum ?
6. Apa
yang dimaksud internet based ?
Jawab :
1.
Multimedia diambil dari kata multi dan
media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara, jadi multimedia
adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan
animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga
mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia
dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio
atau video, teks, grafik dan animasi.
Dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik. “Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik. “Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
2.
Konsep dasar pada multimedia seperti :
·
Interactive Multimedia : pengguna dapat
berinteraksi dengan multimedia tersebut.
·
Hypermedia : Interactive mutimedia yang
memiliki struktur dari elemen terhubung.
·
Multimedia Developer : Perancang suatu
aplikasi multimedia.
·
Multimedia Project : Pesan-pesan yang
dipresentasikan oleh komputer atau televisi.
·
Multimedia Title : Multimedia yang
dipasarkan ke masyarakat.
3.
Adapun pemanfaatan multimedia dalam
kehidupan sehari-sehari yang di lakukan masyarakat dalam berbagai kategori atau
aspek antara lain adalah :
·
Multimedia di Rumah Tangga
: kebanyakan dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa
atau melalui jaringan komputer pribadi (PC). Pada saat ini, konsumen dari
produk multimedia sudah memiliki komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player
atau televisi yang dihubungkan dengan alat sejenis CD player, seperti Kodak
Photo CD, Philips CD-I Player atau Panasonic 3DD Player. Alat-alat permainan
seperti Nintendo, Sega, Playstation atau Atari sudah mulai masuk kerumah-rumah.
Banyak dari produk mereka menggunakan teknologi CD yang mengizinkan multimedia
masuk ke rumah tangga. Telah terjadi peningkatan penjualan atas produk
multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game elektronik. Kenyataan ini
telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran multimedia, baik untuk hiburan
maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat kemudahan baik bagi produsen
maupun konsumen.
·
Multimedia di Tempat Umum
: hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum dan tempat tujuan wisata akan
menjadi sasaran utama dalam lingkup ini. Stand alone terminal dan kios k akan
tersedia di tempat-tempat tersebut guna memberikan informasi. Instalasi alat
seperti ini akan mengurangi penggunaan informasi tradisional dan personilnya.
Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu, bahkan saat tengah malam, dimana tenaga
konvensional tidak tersedia.
Kios k disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai, jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios k disebuah hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya, peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios k dibandara dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel. Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari informasi tersebut.
Kios k disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai, jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios k disebuah hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya, peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios k dibandara dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel. Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari informasi tersebut.
·
Multimedia Dalam Ilmu Kesehatan : Mempermudah dokter dan perawat dalam memonitor
kesehatan pasien monitor detak jantung lewat monitor komputer, aliran darah,
memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Dengan teknologi modern bisa
memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti jantung, paru-paru
dan ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi
informasi dan komputer.
4.
Dunia pendidikan adalah dunia yang
paling membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa
Aktif) ungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para
siswa dapat melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai
contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi
tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian
dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar
hidup dari subjek yang dipelajarinya. Perhatian siswa akan terpusar dan rasa ingin
tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa
tertarik akan media penyajiannya.
Anak-anak
usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanank) pun akan mendapat keuntungan dari
teknologi ini. Pada usia ini akan lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan
bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan
imajinasi merekapun akan berkembang. Teknologi multimedia dapat memberikan arti
baru bagi dunia pendidikan.
Pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan dapat dilaksanakan dalam
berbagai bentuk sesuai dengan fungsinya dalam pendidikan. Fungsi teknologi informasi
dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan sudah
menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi. Berbagai aplikasi
teknologi informasi dan komunikasi sudah tersedia dalam masyarakat dan sudah
siap menanti untuk dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan pendidikan. Pada
kondisi riil, teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan nantinya akan
berfungsi sebagai gudang ilmu, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan,
standar kopetensi, penunjang administrasi, alat bantu manajemen sekolah dan
sebagai infrastruktur pendidikan.
5.
Dengan berkembangnya teknologi yang
semakin maju Multimedia semakin memiliki banyak manfaat dan dapat diaplikasikan
diberbagai bidang. Untuk membuat suatu aplikasi multimedia maka diperlukan
bahasa pemrogaman, bahasa pemograman yang digunakan dalam aplikasi multimedia
ini meliputi Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan
Java. Selanjutnya bahasa pemograman ini dibangun disuatu sistem operasi seperti
DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000,
Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS dan terbentuklah suatu
aplikasi multimedia sesuai manfaat dan kegunaannya dalam berbagai bidang.
6. Pengertian
aplikasi internet based adalah suatu
aplikasi yang dapat berjalan dengan menggunakan basis teknologi web atau browser.
Aplikasi ini dapat diakses dimana saja asalkan ada koneksi internet yang
mendukung, tanpa perlu melakukan penginstallan di komputer masing-masing
seperti pada aplikasi desktop, cukup dengan membuka browser dan menuju tempat
server aplikasi tersebut dipasang. Contohnya: Google spreadsheet, Google Word
Processor, webmessenger.yahoo.com, meebo.com, dan game flash yang dijalankan
secara online, dan lain-lain. Keunggulan internet based application
dibanding desktop based application adalah, terkait dengan
keunggulan-keunggulan dari Internet itu sendiri.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar