Selasa, 10 Juni 2014

Bedah Paper Robot Sensor Cahaya (Light Detector Robot)

Paper yang berjudul “Robot Sensor Cahaya (Light Detector Robot)”  merupakan paper yang membahas tentang pengaplikasi robot pintar dengan menggunakan sensor LDR (Light Dependent Resistance). Yang dimaksud dengan robot pintar adalah robot yang dapat bekerja sendiri tanpa adanya yang mengendalikannya. Kebanyakan robot pintar menggunakan sensor yang telah didesain khusus untuk pergerakan robot tersebut. Robot Sensor Cahaya (Light Detector Robot) dirancang dengan menggunakan sensor LDR (Light Dependent Resistance) dan berbasiskan Mikrokontroler AT89S52. Cara kerja Robot Sensor Cahaya (LDR) :
·         Letakkan robot di tempat yang gelap.
·         Nyalakan switch (tombol) pada robot.
·         Berikan cahaya seperti misalnya senter pada robot dari beberapa posisi.
·         Bila  tidak  terdapat masalah  pada robot maka robot akan bergerak  sesuai arah datangnya cahaya.

Tujuan dari paper tersebut adalah menggerakan robot pintar ke ruangan yang tidak bisa terjangkau oleh manusia dengan mengandalkan sensor LDR (Light Dependent Resistance). Seperti contohnya ketika terjadinya reruntuhan akibat gempa bumi, dengan robot sensor cahaya bisa dipakai untuk melewati celah-celah sempit reruntuhan yang tidak bisa manusia jangkau untuk melihat apakah ada seseorang yang terjebak diantara reruntuhan tersebut.

Permasalahan utamanya adalah ketika robot sensor cahaya dipakai di reruntuhan ada dua kemungkinan yang menjadi masalah utamanya seperti di dalam reruntuhan tersebut tidak ada cahaya yang masuk sehingga menyebabkan robot pencari cahaya terdiam dan ketika robot sensor cahaya sedang menelusuri jalan tiba-tiba robot pintar terbalik karena jalanannya yang tidak rata yang mengakibatkan robot terbalik tidak bisa berjalan lagi walaupun terkena cahaya.

Sumber: http://papers.gunadarma.ac.id/index.php/computer/article/view/17960/17062

Tidak ada komentar:

Posting Komentar